twitter



MENENTUKAN HARGA SATU KARYA CROCHET


Saya selalu bertanya-tanya tentang ini, terutama setelah mulai mahir (what ?! $#@%^$&%$#!!!) merenda dan mulai menerima order :)

Menjadi sulit, apalagi jika pemberi order adalah orang di sekitar kita; teman sekantor, tetangga, sahabat. Ada rasa tidak enak hati jika menetapkan harga, takut kemahalan dan seterusnya. Padahal seorang teman crocheter selalu mengingatkan: karya crochet memang mahal, bukan pada benangnya, tapi pada waktu dan kesabaran kita. (catat #1).

Dia "memarahi" saya bahkan, untuk alasan yang saya kemukakan kemudian: baju di mal sekarang murah-murah, untuk karya crochet di atas Rp 300 ribu (kurang dari $ 30) akan membuat pemesan "kapok" bukan? "Tidak bisa dibandingkan demikian. Karya crochet, bandingkanlah dengan karya tangan lain." (catat #2).

Bahkan ada yang lebih serem lagi. seorang teman crocheter setengah murka ketika crochet doilies berupa taplak meja makan yang dibanderol seharga Rp 450.000  di sebuah pameran ditawar dengan semena-mena seharga Rp 200.000. "Mending disumbangin ke panti asuhan deh. Harga benang, waktu, tenaga, dan kreativitas lebih jelas harganya: berupa pahala." (catat #3)

Saya juga suka diledek suami, ketika akhir pekan jalan dan makan, katakan, di SushiGroove favorit anak saya. "Kau membuatnya selama tiga pekan, terus jadi uang, dihabiskan hanya satu setengah jam di sini." (yang ini tak saya catat :D)

Maka sebelum catatan saya bertambah panjang, saya memutuskan untuk mengirimkan email pertanyaan ke beberapa pihak yang kompeten dalam bidang ini. Para senior. Ini kata mereka:

Dydy (salah satu pendiri milis merajut dan pemilik situs merajut):

Kalau mau simpelnya, saya pernah baca standar yang masuk akal sekitar 3 sampai 4 kali harga benang. Tapi kalo mau dihitung lebih detail lagi tentunya harus memperhitungkan tingkat kesulitan (model dan pola projectnya), makin sulit perkaliannya ditambah :D

ada juga yang pake hitungan :
total harga = harga benang + (10%-25% x panjang benang yang dihabiskan)

(Dydy menyarankan untuk bergabung di situs Ravelry, banyak diskusi soal pricing your knits/crochets di sana *segera setelah membaca pesannya, saya mendaftar :D )


Mbak Deasy (pemilik Deasy Crochet):

Merajut adalah menjual seni dan waktu. Nilainya tak bisa dihitung secara matematika biasa. Lihat model dan tingkat kesulitannya. Kalau dari harga benang, rugi. Rugi waktu terutama.

Mbak Itsna (crocheter dari Yogya)

Soal harga, tak ada standar pasti. Belum lagi kalau yang pesan teman atao sodara, suka ga tega ngasih harga (saya banget, mbak...), yang artinya mengesampingkan jerih payah kita sendiri. kalau berapa kali harga benang, rasanya juga ga mungkin karena akan sangat tergantung benang yg di pakai (mahal atau murah). Tapi di luar harga benang, minimal 25 ribu lah untuk ongkos ngerajut 1 gulung benang 100 gr. (PS dari mbak Itsna: aku pernah menanyakan hal ini pd seorang teman, dan jawabnya : tergantung kebijakan perusahaan. ( dlm hatiku : yahhh, ga jawab pertanyaan ni , hehehe........)



Sedikit mencerahkan.  Terima kasih banyak *angguk-angguk ambil pensil di atas kuping mulai nulis harga*

0 comments:

Post a Comment

Komentar Teman: