twitter


Foto diambil dari: eHow

Ada begitu banyak merek dan jenis mesin jahit di pasar. Bagaimana kita memilih yang tepat untuk kita?

Itu yang ada dalam benak saya akhir pekan lalu. Lieur bin pusing.

Saya bukan tipe penjahit yang "rewel" sebetulnya. Maksud saya, bukan yang amat sangat profesional sehingga kudu memiliki mesin yang supercanggih dengan segudang kemampuan termasuk mijit sama nimpuk.
Hal lain, saya cukup puas dengan Siti Nurbaya saya. Yang saya butuhkan saat ini hanyalah: mesin yang bisa untuk mengobras agar jahitan bagian dalam lebih rapi (curcol: tukang obras di pasar juteknya setengah mati, antre-nya bikin sembelit pula) dan yang bisa membuat lubang kancing jadi rapi.

Semula, mesin jahit listrik yang termurah yang saya taksir. Harganya, Rp 1,3 juta. Cukup ramah kantong saya pikir.

Tapi nanti dulu. Bukan saya kalau semua tak dibikin ribet (hehehe....begitu penilaian si kakak soal emak-emak). Jadi, saya belajar, browsing sana browsing sini...sampai membaca di Consumer Report segala. Hasilnya, syukurlah, mesin jahit idaman sudah saya pilih. Transaksi saya lakukan secara online, dan besok barang diantar (*deg-degan*).

Intinya yang ingin saya bagi dengan Anda soal membeli mesin jahit adalah (salah kalau saya akan omong merek :-P):

_ Tanya diri Anda apa keperluan Anda dengan mesin ini. Jangan membeli mesin jahit karena latah, apalagi ikut-ikutan tetangga sebelah. Jika hanya untuk menjahit lurus saja semisal mereparasi baju-baju bolong/sobek/kepanjangan (coret yang tak perlu), maka mesin jahit biasa sudah cukup. Yang manual juga tak apa. Harganya paling antara Rp 300 ribu - Rp 750 ribu, yang second saja. Jangan salah....second-nya mesin jahit manual  lebih enak dipakainya.

- Jika untuk tujuan belajar, mesin sederhana dengan 13 varian jahitan sudah cukup. Mengapa saya menyarankan mesin listrik dan bukan mesin manual? Berdasar pengalaman beberapa teman, tak semua sukses mengoperasikan mesin genjot. Bisa-bisa jarum cuma maju-mundur kagak jalan-jalan.

- Kenali fitur dan fungsi yang diinginkan. Ada dua pilihan, mesin jahit manual atau komputerisasi. Mesin manual adalah seperti yang ibu atau nenek kita digunakan. Mesin komputer atau listrik lebih praktis, bahkan yang paling modern memiliki layar sentuh.

Jika kita sudah paham apa yang kita inginkan, sila cari model yang pas. Bandingkan tiga hingga empat merek sekaligus, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selamat berburu....

1 comments:

  1. thanks, bermanfaat banget nih,,
    Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru

Post a Comment

Komentar Teman: